Inilahcom Ramadhan

Jadwal Imsakiyah 1439 H

Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya
  • Imsak
    00:00
  • Shubuh
    00:00
  • Dzuhur
    00:00
  • Ashr
    00:00
  • Maghrib
    00:00
  • Isya
    00:00

Yuk, Kenalkan Anak dengan Pekerjaan Rumah

MIA UMI KARTIKAWATI   Kamis, 14 Juni 2018 12:41 WIB
Yuk, Kenalkan Anak dengan Pekerjaan Rumah #Kurma
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pada saat Hari Raya, banyak asisten rumah tangga yang mudik ke kampung. Nah, hal ini membuat orangtua bertambah mengerjakan pekerjaan rumah.

Ini adalah saat yang tepat untuk mengenalkan anak dengan pekerjaan rumah. Anda bisa mengenalkan pekerjaan rumah kepada anak secara perlahan - lahan.

Mengutip dari akun instagram @keluargakitaid, Kamis, (14/06/2018), ada beberapa tips yang bisa Anda simak berikut ini.

1. Membangun kepercayaan diri

Kepercayaan diri anak akan meningkat saat anak belajar menggunakan kemampuannya dan berhasil menyelesaikan pekerjaannya.

Anak juga merasa berarti dan berdaya ketika mengetahui bahwa pekerjaannya membantu dan membawa manfaat bagi orang lain.

2. Belajar konsisten dan bertanggung jawab

Anak belajar konsisten dan bertanggung jawab saat merawat hewan atau tumbuhan kesayangan. Kalau lupa memberi makan, akan kelaparan dan sakit.

Lupa menyiram tanaman, akan kering dan mati. Anak juga belajar bertanggung jawab saat memahami perannya, dampak pekerjaannya terhadap orang lain sehingga dapat menyelesaikan pekerjaannya tanpa paksaan siapa pun.

3. Belajar managemen waktu

Rasanya sulit membagi waktu antara harus melakukan pekerjaan rumah, olahraga, main, menonton tv, makan, mandi, dan belajar.

Di sinilah anak belajar mengatur waktunya agar semua dapat dikerjakan dan diselesaikan dengan baik.

Keterampilan dan konsistensi dalam membagi waktu saat menyelesaikan pekerjaan rumah akan menjadi pengalaman yang baik bagi anak dalam bekerja kelak.

4. Menumbuhkan kemampuan bekerja sama

Saling membantu dan bekerjasama dengan anggota keluarga untuk menyelesaikan pekerjaan rumah mengajarkan banyak hal. Misalnya, belajar strategi dan pembangian peran, siapa yang mencuci piring, membilas, mengelap, dan menaruhnya di rak.

Selain itu, anak juga belajar bahwa dengan bekerja sama, pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dan lebih mudah dikerjakan.(tka)