Inilahcom Ramadhan

Jadwal Imsakiyah 1439 H

Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya
  • Imsak
    04:30
  • Shubuh
    04:40
  • Dzuhur
    11:58
  • Ashr
    15:19
  • Maghrib
    17:51
  • Isya
    19:05

THR Jaman Now Bisa Ganggu Pembangunan Daerah

INDRA HENDRIANA   Selasa, 12 Juni 2018 18:03 WIB
THR Jaman Now Bisa Ganggu Pembangunan Daerah #Kurma
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 untuk Aparatur Sipil Negar (ASN) tahun 2018 ini dinilai bisa mengganggu pembangunan infrastruktur daerah.

Sebab, dalam APBD tidak tercantum anggaran pemberian THR. Sehingga bagi kepala daerah yang memberikan THR dipastikan mengambil dari mata anggaran yang lain.

Demikian disampaikan Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira kepada INILAHCOM menanggapi pencairan THR oleh pemerintah.

"Kalau dipaksa THR termasuk tunjangan keluarga dll nanti akan beratkan APBD. Ujungnya saya khawatir banyak proyek penting misalnya pembangunan infrastruktur daerah yang dijadwalkan ulang," kata Bhima, Selasa (12/6/2018).

Selain itu, kerugian juga akan dirasakan oleh para kontraktor swasta karena rencana proyeknya tertunda.

Namun, bagi pemda yang akhirnya mengambil THR dari pos belanja lain juga siap siap jadi temuan audit BPK.

"Posisi ini yang serba dilematis, THR ga dibayar kena sanksi kalau dibayar tapi uangnya ga cukup bisa jadi bermasalah kebelakangnya," kata dia.

Wali Kota Surabaya Tri Risma Maharini sebelumnya mengatakan tidak ada anggaran pemberian THR untuk ASN. Sejauh ini Pemerintah kota tidak mengalokasikan dana THR di daerahnya.

Alokasi uang untuk pemberian THR cukup fantastis. Yakni senilai Rp 35,8 trilun. Atau meningkat 68,92% bila dibandingkan dengan THR tahun lalu yang hanya senilai Rp 23 triliun.

Lonjakan ini karena ada penambahan komponen THR pensiun sebesar Rp 6,9 triliun dan tunjangan kinerja sebesar Rp 5,8 triliun.