Inilahcom Ramadhan

Jadwal Imsakiyah 1439 H

Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya
  • Imsak
    04:30
  • Shubuh
    04:40
  • Dzuhur
    11:58
  • Ashr
    15:19
  • Maghrib
    17:51
  • Isya
    19:05

Keluarga Muda Menabung untuk Jangka Pendek?

MIA UMI KARTIKAWATI   Sabtu, 2 Juni 2018 18:15 WIB
Keluarga Muda Menabung untuk Jangka Pendek? #Kurma
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pergeseran tren dalam perencanaan keuangan pada keluarga masa kini dan dahulu memang sangat terlihat. Seperti apa?

Hal tersebut bisa dilihat, keluarga muda saat ini lebih memilih menabung untuk kebutuhan jangka pendek.

Menurut Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M. Sc, Sosiolog sekaligus guru besar Sosiologi Universitas Indonesia menjelaskan, membandingkan generasi saat ini dengan generasi sebelumnya, keluarga muda saat ini cenderung senang menabung untuk tujuan jangka pendek dan enggan untuk berinvestasi jangka panjang.

Padahal, dengan memahami dan mulai melakukan pengelolaan keuangan yang tepat, generasi ini tetap dapat menikmati gaya hidup masa kini tanpa mengabaikan kenyamanan hidup di masa datang.

"Nilai atau values yang dianut individu, memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan seseorang, termasuk dalam melakukan perencanaan keuangan. Sistem nilai yang dianut individu akan menentukan sikap dan perilaku terhadap sesuatu, tak terkecuali dalam perencanaan finansial,"Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M. Sc, Sosiolog, pada acara Sun Life Financial kampanye komunikasi #LebihBaik Sekarang, Jakarta, baru - baru ini.

Masih menurutnya, pengaruh budaya, agama, dan lingkungan menjadi faktor dalam terbentuknya sistem nilai dalam diri seseorang. Sebagai lingkungan sosial yang pertama dikenal individu, pengenalan nilai pertama kali diterima dari keluarga.

"Terkait pengelolaan keuangan, sikap dan perilaku yang diterapkan generasi saat ini belum bergerak jauh dari generasi sebelumnya, meski terjadi pergeseran pada peruntukan dan tujuan dari perencanaan keuangan itu sendiri," tambahnya.

Menyadari perlunya melakukan upaya yang terus menerus dalam memberikan edukasi terkait finansial, ini memacu kita untuk berpikir kreatif dan beradaptasi dengan zaman dalam membekali pemahaman keuangan yang memadai kepada masyarakat luas khususnya generasi dan keluarga muda Indonesia.

"Kami mempersembahkan video web series bertajuk Keluarga Surya sebagai sarana edukasi literasi keuangan yang dapat dengan mudah diakses masyarakat luas dalam konten visual digital dan mengusung genre komedi situasi yang sarat akan makna," jelas Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia.

Video web series ini berkisah tentang kehidupan sebuah keluarga modern dengan berbagai isu sehari-hari, mulai dari pengelolaan Tunjangan Hari Raya (THR), perencanaan pendidikan keluarga hingga pentingnya menerapkan pola hidup sehat.

Berdurasi sekitar 5 menit setiap episodenya, melalui 8 kisah Keluarga Surya, Sun Life ingin menyampaikan pesan pada keluarga muda Indonesia tentang pentingnya perencanaan keuangan, pentingnya pola hidup sehat dan penetapan strategi untuk masa depan lebih baik.

Diperankan oleh aktor dan aktris muda bertalenta yaitu Edo Borne sebagai Ayah Surya, Karina Nadila sebagai Ibu Mentari, Bima Azriel sebagai Fajar dan Sandrinna Michelle sebagai Cahaya - rangkaian kisah Keluarga Surya dapat disaksikan melalui kanal resmi YouTube Sun Life Financial Indonesia (Sun Life Financial ID).

"Harapan kami melalui kampanye #LebihBaik Sekarang, serta muatan pesan yang disampaikan melalui video web series Keluarga Surya, semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk memulai perencanaan keuangan sejak dini, hingga akhirnya terbentuk masyarakat Indonesia yang cerdas dan mapan secara finansial serta menjalani hidup yang lebih sehat," tutup Elin.(tka)