Inilahcom Ramadhan

Jadwal Imsakiyah 1439 H

Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya
  • Imsak
    00:00
  • Shubuh
    00:00
  • Dzuhur
    00:00
  • Ashr
    00:00
  • Maghrib
    00:00
  • Isya
    00:00

Asupan Susu Saat Ramadan Dukung Kecukupan Protein

MIA UMI KARTIKAWATI   Kamis, 31 Mei 2018 15:55 WIB
Asupan Susu Saat Ramadan Dukung Kecukupan Protein #Kurma
(Foto: Inilahcom/Mia Kartikawati)

INILAHCOM, Jakarta - Kebutuhan protein dalam tubuh sangat penting. Terlebih ketika menjalanka ibadah puasa.

Kebutuhan cairan tidak hanya terpenuhi dari air mineral, tetapi juga bisa didapat dari susu. Ini juga sangat berfungsi menanbah protein dan vitamin penting dalam tubuh.

Segelas susu, mengandung 12 persen asupan protein harian yang direkomendasikan dan dapat membantu fungsi kekebalan tubuh sepanjang hari. Terlebih saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Sebagai bagian dari pola makan sehat. susu penting untuk dikonsumsi semua anggota keluarga, terutama saat membutuhkan asupan nutrisi tinggi.

"Asupan selama berpuasa harus terdiri dari makanan yang bergizi dan susu adalah asupan yang padat gizi yang memberikan energi, mengandung protein berkualitas tinggi serta vitamin dan mineral penting Iainnya," papar Ines Yumahana, Senior Nutrition Manager, PT Fonterra Brands lndonesia, Jakarta, Rabu, (30/05/2018).

Masih menurutnya, mengonsumsi susu dan mengombinasikan dengan makanan yang sehat seimbang di saat sahur dan berbuka dapat membantu memenuhi zat gizi yang tubuh kita butuhkan.

Tidak hanya itu. Hal yang paling penting lainnya adalah, susu juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga meningkatkan glukosa darah dengan stabil setelah mengkonsumsinya.

Karena, lanjutnya, kandungan gula alami (laktosa) dan komposisi nutrisinya sehingga susu dapat membuat merasa kenyang iebih iama dan menunda lapar.

"Susu juga mengandung sembilan asam amino esensiai, mineral zink dan vitamin A yang berperan pada sistem kekebalan tubuh. Selain sumber protein yang baik, susu dikenai sebagai sumber kalsium yang mudah diserap. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk dikonsumsi semua orang di setiap tahap kehidupan," tambah ines. (tka)

-->