Inilahcom Ramadhan

Jadwal Imsakiyah 1438 H

Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya
  • Imsak
    4:30
  • Shubuh
    4:40
  • Dzuhur
    11:58
  • Ashr
    15:19
  • Maghrib
    17:51
  • Isya
    19:05

Kumur Setelah Makan Sahur dan Sebelum Tidur

MIA UMI KARTIKAWATI   Senin, 12 Juni 2017 12:15 WIB
Kumur Setelah Makan Sahur dan Sebelum Tidur #Kurma
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Membersihkan dan menjaga rongga mulut dan tenggorok sangat baik untuk kesehatan. Ini sangat penting ketika berpuasa.

Menurut hasil riset, melakukan gargle selama 30 detik menggunakan cairan antiseptik povidone lodine dapat menjaga flora normal daerah rongga mulut dan tenggorok. Pada saat bulan puasa masyarakat direkomendasikan untuk melakukan gargle 2 kali sehari, yaitu saat sahur setelah makan dan sebelum tidur untuk mengurangi risiko pertumbuhan jamur, bakteri dan virus di daerah mulut dan tenggorok.

"Povidone - Iodine terbukti dapat mengurangi jumlah kuman pada rongga mulut sebanyak 99 persen dengan efektivitas tinggi dan dalam waktu singkat. Kami menganjurkan untuk melakukan gargle sampai tenggorok memakai cairan kumur yang mengandung Povidone - Iodine untuk menjaga kesehatan saat berpuasa. Betadine obat kumur mengandung 1 persen Povidone Iodine yang efektif teruji secara klinis dan aman digunakan pada rongga mulut dan juga daerah tenggorok, " kata Educator and Trainer Mundipharma, Merry Sulastri saat ditemui di acara Betadine, Jakarta, baru - baru ini.

Selain dengan berkumur dan gargle, gangguan tenggorok pada saat puasa dapat dicegah dengan mengkonsumsi air putih, mengurangi makanan berminyak, berlemak dan tinggi kadar gula. Karena itu, Anda dapat menerapkan pola makan seimbang, berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dan memastikan kebersihan mulut yang selalu terjaga. (tka)