Inilahcom Ramadhan

Jadwal Imsakiyah 1438 H

Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya
  • Imsak
    00:00
  • Shubuh
    00:00
  • Dzuhur
    00:00
  • Ashr
    00:00
  • Maghrib
    00:00
  • Isya
    00:00

Berpuasa, Jangan Asal Pilih Makanan

MIA UMI KARTIKAWATI   Jumat, 9 Juni 2017 13:30 WIB
Berpuasa, Jangan Asal Pilih Makanan #Kurma
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Konsumsi asupan makanan yang sehat adalah modal utama untuk menjaga tubuh tetap bugar. Karena itu, ketika berpuasa, Anda harus benar - benar memilih makanan yang baik dan benar untuk tubuh.

Menurut Nofika Aisyah dari Slim Gourmet, sebagai Dietetik Program penurunan berat badan, saat media visit di INILAHCOM, Jakarta, Kamis (08/06/2017), ada beberapa pola konsumsi makanan yang baik dan benar saat berpuasa yang harus diperhatikan dengan cermat.

Ini adalah modal bagi Anda agar bisa tetap menjalankan hidup sehat saat berpuasa, dan tidak mengalami kelebihan berat badan setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama 30 hari.

"Basiknya sama dengan makan biasa pada umumnya. Pada satu kali makan harus lebih banyak makan sayur dan buahnya. Sisanya makanan pokok seperti nasi atau jagung, kemudian telur, tahu, tempe, ikan, dll. Harus dibatasi penggunaan minyak, gula, dan garam," papar Nofika Aisyah.

Masih menurutnya, minyak dibatasi dengan saat proses membuat makanan. Anda bisa memilih, misalnya, jika lauknya yang digoreng, bisa Anda pilih makanan sayurnya jangan yang bersantan. Ini penting, agar tidak terjadi lonjakan kolesterol di tubuh Anda.

"Ketika sahur harus makan yang mengenyangkan untuk menahan lapar selama 14 jam agar kenyang dan tidak merasa dehidrasi. Misalnya, pilih sayur yang berkuah. Konsumsi sayur yang baik adalah 30 menit sebelum imsak. Misalnya jam 4 pagi. protein, karbohidtat komplek, air mineral, dan buah juga sangat penting agar tubuh tetap memiliki nutrisi yang cukup," tambahnya.

Kemudian, yang harus Anda dihindari adalah makanan yang rasanya tajam. Misalnya makanan yang pedas dan makanan yang asam. Ini akan membuat rasa haus dan lebih dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa.

"Hindari minuman teh, kopi, dan minuman soda berkarbonasi," ujarnya. (tka)