Inilahcom Ramadhan

Jadwal Imsakiyah 1438 H

Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya
  • Imsak
    4:30
  • Shubuh
    4:40
  • Dzuhur
    11:58
  • Ashr
    15:19
  • Maghrib
    17:51
  • Isya
    19:05

Tips Berbuka Puasa yang Aman

MIA UMI KARTIKAWATI   Jumat, 9 Juni 2017 12:00 WIB
Tips Berbuka Puasa yang Aman #Kurma
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Berbuka puasa adalah saat yang ditunggu - tunggu. Namun, bagaimana cara berbuka puasa yang aman dan sehat untuk tubuh?

Pola makan ketika berbuka puasa harus benar - benar diperhatikan. Hal ini karena ketika berpuasa seharian selama sekitar 12 -14 jam, membuat Anda kehilangan cairan, nutrisi, dan asupan makanan dalam tubuh. Untuk itu, agar organ - organ tubuh tidak terlalu kaget dalam menerima asupan makanan kembali saat berbuka puasa, tentu ada tata cara yang baik memilih makanan.

Menurut Nofika Aisyah dari Slim Gourmet, sebagai Dietetik Program penurunan berat badan, saat media visit di INILAHCOM, Jakarta, Kamis (08/06/2017), pola makan ketika buka puasa adalah mulai dengan minum air untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

"Kemudian, konsumsi dengan makanan yang porsi sedikit. Misalnya, kurma, kue, dan lain - lain. Jangan terlalu berlebihan, cukup dengan porsi yang sedikit saja," kata Nofika Aisyah.

Selanjutnya, buka puasa adalah konsepnya sama dengan saat santap sahur. Anda bisa memiliki menu berbuka dengan makanan manis. Namun, ingat jangan semua makanan mengandung gula.

"Lebih berbukalah dengan makanan manis yang alami untuk menormalkan kembali gula darah. Makan makanan bergizi tanpa porsi yang berlebihan. Porsinya bisa diatur sendiri dan tidak berlebihan," tambahnya.

Masih menuruntya, yang tidak boleh dikonsumsi adalah gorengan atau makanan yang berlebihan menggunakan minyak, makanan dan minuman yang terlalu manis, makanan dengan porsi yang berlebihan, makanan berlebihan lemak tinggi, dan terlalu manis tidak disarankan untuk kesehatan Anda. (tka)