Inilahcom Ramadhan

Jadwal Imsakiyah 1438 H

Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya
  • Imsak
    00:00
  • Shubuh
    00:00
  • Dzuhur
    00:00
  • Ashr
    00:00
  • Maghrib
    00:00
  • Isya
    00:00

Tips Olahraga Saat Berpuasa

MIA UMI KARTIKAWATI   Kamis, 8 Juni 2017 19:00 WIB
Tips Olahraga Saat Berpuasa #Kurma
(Foto: Inilahcom/Wirasatria)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Olahraga saat berpuasa sebagai salah satu hal yang dianjurkan. Namun perlu diperhatikan bagaimana cara olahraga saat berpuasa yang baik dan benar?

Menurut Nofika Aisyah dari Slim Gourmet, sebagai Dietetik Program penurunan berat badan, saat media visit di INILAHCOM, Jakarta, Kamis (08/06/2017), olahraga saat berpuasa lebih disarankan 30 menit - 40 menit sebelum berbuka. Hal ini untuk menghindari dehidrasi dan kehilangan mineral yang terlalu banyak saat berpuasa.

"Setelah berolahraga, bisa langsung diganti mineralnya saat berbuka. Hal ini agar mineral yang hilang bisa langsung dipenuhi jadi orang yang berpuasa dan berolahraga tidak mengalami dehidrasi," kata Nofika Aisyah dari Slim Gourmet.

Ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan secara bertahap saat minggu - minggu berpuasa. Masih menurutnya, minggu pertama berpuasa bisa dijalankan dengan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, yang tidak terlalu berat.

"Kemudian untuk minggu kedua, bisa dilakukan olahraga yang lebih berat. Seperti sit up, push up, jump, dan lainnya. Dengan catatan harus bisa beradaptasi dengan olahraga minggu sebelumnya," tambahnya.

Setelah itu, minggu selanjutnya boleh berolahraga lebih tinggi lagi. Ketika tubuh sudah terbiasa olahraga pada waktu berpuasa, Anda bisa melakukan olahraga yang lebih berat.

"Misalnya boleh bermain basket. Tetapi tidak harus lama - lama. Cukup dengan 15 menit saja agar tidak banyak hilang mineral dalam tubuh," tambahnya. (tka)