Inilahcom Ramadhan

Jadwal Imsakiyah 1438 H

Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya
  • Imsak
    00:00
  • Shubuh
    00:00
  • Dzuhur
    00:00
  • Ashr
    00:00
  • Maghrib
    00:00
  • Isya
    00:00

Tol Bawen-Salatiga Siap Beroperasi Saat Mudik 2017

WAHID MA'RUF   Kamis, 25 Mei 2017 00:05 WIB
Tol Bawen-Salatiga Siap Beroperasi Saat Mudik 2017 #Kurma
Gerbang Tol Bawen - (Foto: Istimewa)
facebook twitter


INILAHCOM, Salatiga - Untuk pemudik pada lebaran 2017 ini tujuan Solo dan Jawa Timur sudah dapat melewati ruas tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,6 km.

Ruas tol tersebut merupakan bagian dari tol Semarang Solo sepanjang 72,6 km yang dikelola oleh PT Trans Marga Jateng. "Progres konstruksi sudah 97,4 persen dan ditargetkan pada awal Juni sekitar tanggal 8 sudah tuntas sehingga mulai 15 Juni atau 'H-10' sudah siap digunakan," kata Direktur Teknik dan Operasi TMJ, Ali Zainal Abidin di Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (24/5/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Ali juga didampingi Dirut PT TMJ, Yudhi Krisyunoro dan AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Tbk, Dwimawan Heru.

Menurut Ali, sisa pekerjaan yang belum diselesaikan adalah hanya sepanjang 1,5 km di segmen 3.1. Bawen Polosiri dengan aneka pekerjaan mukai dari memindahkan timbunan tanah, median jalan, bahu jalan, rigid beton, dan lain sebagainya.

"Target optimistis kami 14 hari bisa diselesaikan sehingga pada awal Juni 2017 sudah bisa selesai. Jadwal kerja tanggal 8 Juni konstruksi selesai," ucapnya.

Ali juga menegaskan, setelah selesai, segera ruas ini akan dinilai oleh tim laik fungsi agar ketika difungsionalkan pada musim Angkutan Lebaran tahun ini, benar -benar siap.

"Fungsional di sini, layak pakai sebagai jalan tol biasa bukan seperti ruas lain yang menggunakan 'LC' (lean concrete) atau beton dasar untuk jalan kerja lebar tujuh meter dan tebal beton 10 cm," ujarnya.

Dirut PT TMJ Yudhi Krisyunoro menyatakan, ruas tersebut saat mudik dan balik kemungkinan besar masih berstatus uji coba dan bebas tarif.

"Tapi untuk kendaraan golongan satu nonbus dan kondisi akan terus dipertahankan karena pintu keluar arah Salatiga di kawasan Tingkir masih jalan provinsi lebar enam meter," tutur Yudhi.

Terkait soal tarif, pihaknya telah mengusulkan kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sekitar Rp1.000 per km atau Rp17 ribu untuk 17,6 km di ruas Bawen-Salatiga.

Dengan adanya itu, kata Yudhi, pengguna lalu lintas Semarang-Solo untuk golongan satu sudah bisa menghemat sekitar 30 menit jika lewat tol Semarang-Salatiga dibanding via jalan nasional.

"Jika waktu tempuh rata-rata 80 km per jam maka jarak 40 km Semarang-Salatiga hanya sekitar 30 menit, sedangkan jika jalan nasional bisa sekitar satu jam, bahkan bisa lebih jika pagi atau sore," ucap Yudhi.

Tol Semarang-Solo (72,6 km) yang ditargetkan selesai pada triwulan III 2018, pembebasan lahannya sudah 99 persen dan terdiri dari lima seksi.

Dari lima seksi itu, dua seksi yakni Semarang -Ungaran (10,85 km) dan Ungaran-Bawen (11,99 km) sudah beroperasi dan tiga seksi lainnya belum yakni Bawen-Salatiga (17,6 km), Salatiga-Boyolali (21,47 km) dan Boyolali-Kartasura (7,14 km).

Sampai Gringsing Sehari sebelumnya, PT Jasa Marga melalui anak usahanya, PT Jasa Marga Semarang Batang (JSB) mengumumkan bahwa pemudik dari arah Jakarta, khususnya setelah dari Brebes Timur juga bisa melanjutkan dengan jalan tol secara fungsional hingga ke Gringsing.

"Dirut PT JSB, Saut Simatupang kepada publik sudah menyebut bahwa pemudik bisa lewat jalan tol secara fungsional hingga Gringsing, Kabupaten Batang," kata AVP Corporation Communication PT Jasa Marga Tbk. Dwimawan Heru.

Dengan demikian, kata Heru, pemudik tahun ini dipastikan mendapatkan tambahan untuk menggunakan tol milik sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dari Brebes Timur hingga Gringsing sekitar 110 km.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pernah menyebut, jalur fungsional tol Angkutan Lebaran 2017 adalah hingga Ngaliyan, Semarang (seksi lima proyek tol Batang-Semarang).

Sedangkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, jalur fungsional untuk mudik 2017 via tol secara fungsional sampai Weleri, Kabupaten Kendal (seksi tiga proyek tol Batang-Semarang).

Ruas tol Batang-Semarang sepanjang 75 km merupakan bagian dari Tol Trans Jawa, dikelola dan dibangun oleh PT JSB dan ditargetkan pada triwulan IV 2018.

Ruas ini melewati tiga kabupaten/kota yakni Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kota Semarang.

Pemilik konsesi ruas ini adalah PT JSB dengan pemilik saham 60 persen PT Jasa Marga Tbk dan 40 persen Waskita Toll Road, anak usaha PT Waskita Karya. [tar]