Rabu, 23 April 2014 | 22:26 WIB
Follow Us: Facebook twitter

Konsep open kitchen kini tengah dilirik sejumlah rumah makan. Melihat bagaimana riuhnya chef dalam membuat hingga menghidangkan makanan memberi pengal

Inilah Hidangan Sehat Saat Berbuka Puasa

Inilah.com
Oleh : Dahlia Krisnamurti
Ramadhan - Jumat, 20 Juli 2012 | 03:05 WIB

INILAH.COM,Jakarta - Kebanyakan orang memiliki kecendrungan makan berlebihan di bulan puasa, apalagi hidangan di bulan Ramdhan biasanya dibuat lengkap dan istimewa.

Padahal hidangan yang nikmat saja tanpa memenuhi gaya makan yang sehat dan prinsip gizi seimbang bisa membuat puasa jadi berantakan.

Tapi bagaimanakah menu yang baik saat kita berbuka puasa? Beberapa pakar kesehatan sering memberikan masukan penting pada orang untuk memilih menu saat berbuka puasa.

Salah satunya adalah memakan buah kurma plus minuman air putih sebagai pendamping atau tes manis hangat jika keduanya tidak ada.

Diyakini buah kurma mengandung gula alami (fruktosa) yang sangat mudah diserap oleh organ untuk menyuplai energi ke otot-otot kita yang dalam sehari penuh tidak terisi oleh zat makanan.

Saat berbuka puasa, sebaiknya dibuka dengan meminum air manis hangat untuk menstabilkan lambung yang kosong selama menjalankan puasa.  Selama 14 jam lambung dalam keadaan kosong, jika langsung diisi air dingin, maka lambung akan terkejut dan menyebabkan konstraksi.  

Alangkah baiknya jika diisi dulu dengan makanan yang manis seperti kurma dan kolak.  Setelah lima sampai 10 menit, baru minum air es karena kondisi perut sudah stabil.

Kebanyakan orang menu berbuka adalah es baik itu es campur atau es kolak yang secara kasat mata sangat menggairahkan nafsu untuk berbuka namun jika untuk dijadikan menu awal berbuka maka akan mengganggu sistem pencernaan.

Nah, setelah beberapa menit kemudian memakan buah kurma atau meminum air teh manis hangat, barulah menu seperti gorengan, kolak es, es campur atau yang lainnya anda santap.

Dalam menjalankan puasa pada saat akan tidur malam dan saat sahur ada baiknya memperbanyak minum air putih sampai dua liter. 

Lalu memperbanyak makan sayur dan buah berserat juga bisa menjaga daya tahan tubuh serta mengurangi lapar. Selain itu, makanan berserat juga bisa menahan daya tampung air di dalam lambung. [mor]